Senin, 19 November 2018

Sinopsis Sinetron Misteri Gunung Merapi

Sinetron Misteri Gunung Merapi yang dulu booming di tahun 1999 s.d 2005 kini dibuat ulang dan akan ditayangkan malam ini pukul 20.00 di MNC TV. Bagi para penggemar sinetron 90-an pasti sudah tau dengan sinetron Misteri Gunung Merapi yang identik dengan tokoh Mak Lampir ini.

Sosok Mak Lampir ini memang tidak terlupakan, apalagi suara tertawanya yang khas, membuat bulu kuduk berdiri kalo dengan suara tertawanya. Tetapi kalau ditanya jalan ceritanya, kira kira masih pada inget ga yah? Nah, supaya tidak lupa, berikut ini sekilas sinopsisnya saya posting untuk bernostalgia dan mengingat kembali cerita Mak Lampir di Sinetron Misteri Gunung Merapi


Sinopsis Sinetron Misteri Gunung Merapi
Cerita ini bermula pada masa Kerajaan Demak, dimana ada seorang wanita tua bernama Lampir pimpinan perguruan Anggrek Jingga yang terletak di Lereng Gunung Lawu melakukan t3ror terhadap masyarakat Kerajaan Demak. Mereka menganut ilmu hitam dan menculik bayi-bayi untuk dijadikan korban sesembahan kepada Dewa Batara Kala.

Tentu saja hal ini membuat resah masyarakat dan pihak Kerajaan. Akhirnya pihak kerajaan yang pada waktu itu dipimpin oleh Raden Patah mengadakan pertemuan untuk membahas teror Mak Lampir.

Dari pertemuan tersebut akhirnya diputuskan untuk menyerang Mak lampir dan perguruan Angrek Jingga. Atas usulan dari Sunan Kudus dan persetujuan dari Raden Patah penyerangan dipimpin oleh Kyai Ageng Prayogo.

Singkat cerita, sampailah pasukan yang dipimpin oleh Kyai Ageng Prayogo di Gunung Lawu tempat perguruan Anggrek Jingga yang dimpimpin oleh Mak Lampir. Akhirnya pertarungan sengit tak terhindarkan, keduanya sama sama kuat dan memiliki kesaktian, Mereka bertarung sembari terbang, bertarung diatas air sampai akhirnya Kyai Ageng Prayogo berhasil merobek perut Mak Lampir hingga organ-organ tubuhnya keluar dari perutnya dan jatuh kedalam air. Tetapi karena kesaktian Mak Lampir organ tubuhnya bersatu lagi dan perutnya kembali normal seperti sebelumnya seolah tak ada satupun yang bisa melukainya.

Atas arahan dari Sunan Kudus Sebelumnya akhirnya Kyai Ageng Prayogo berhasil mengurung Mak lampir di dalam peti mati bertuliskan ayat suci Al-Quran yang di pantek dengan paku emas di setiap sudut peti tersebut. Kemudian peti tersebut dimasukkan ke dalam gua tempat ritual perguruan Anggrek Jingga memuja Dewa Batara Kala dan dengan ilmu kesaktian Kyai Ageng Prayogo gua itu pun dihancurkan. Booom

Mak Lampir terkurung dalam peti mati, Mak Lampir merasa marah dan dendam terhadap Kyai Ageng Prayogo dan Mak Lampir bersumpah untuk menghabisi seluruh keturunan Kyai Ageng Prayogo suatu saat nanti.

130 tahun kemudian, 2 orang penduduk Sarmah dan Sarjan, memasuki area tersebut untuk berburu mencari celeng, namun tiba tiba salah satu dari mereka Sarmah terjeblos masuk kedalam sebuah lubang. Sarjan tak tinggal diam, dia juga masuk ke dalam lubang itu untuk menyelamatkan Sarmah. Akhirnya mereka berdua sama sama masuk kedalam gua, saat itulah mereka menemukan peti mati Mak lampir, Mereka mengira bahwa peti tersebut adalah peti berisi harta karun.

Mereka berdua berusaha membuka peti tersebut dan mereka merhasil! Sarmah dengan jelas melihat sosok Mak lampir terbaring didalam peti itu, sementara Sarjan melihat begitu banyak harta karun dalam peti tersebut. Sarmah yang dengan jelas melihat sosok Mak Lampir terbaring didalam peti itu langsung berusaha meninggalkan peti tersebut, namun Sarjan malah menuduh Sarmah serakah dan ingin mengambil seluruh harta karun yang ia temukan bersama, mereka berduapun bergulat dan akhirnya Sarmah tewas tubuhnya terjatuh kedalam peti dan meneteskan darah tepat di mulut Mak Lampir.

Roh Mak Lampir kembali kedalam jasadnya, Mak Lampir bangkit kembali untuk menepati janjinya, Mak Lampir bangkit lagi untuk membalas dendam nya yaitu untuk memusnahkan seluruh keturunan Kyai Ageng Prayogo.

Itulah sekilas tentang awal kisah Mak Lampir dalam Sinetron Misteri Gunung Merapi, Untuk Cerita Selanjutnya tonton aja Sinetronya setiap hari senin jam 20.00 WIB di MNC TV.
Disqus Comments